Mencari Transaksi MDaemon dari Log.
Blog ini melengkapi dan merupakan ikhtisar dari tanya-jawab di Forum Diskusi MDaemon Indonesia di http://mdaemon-l.dutaint.com.
Posting aslinya:
Penjelasan:
Jika ada masalah teknis MDaemon pengiriman dan penerimaan mail di MDaemon maka kita perlu memeriksa masalah persisnya dari MDaemon log.
Transaksi penerimaan mail alurnya sbb:
dan alur pencatatan di log menjadi sbb:
Internet --> SMTP-In Log -> Routing Log --> UserMailbox -> Client Protocol log (POP3, IMAP, Webmail, Activesync)
Setting Log yang baik
Agar log isinya lengkap maka setting log harus juga lengkap.
Dan karena logs file perlu disimpan lama (beberapa bulan/tahun) maka sebaiknya disediakan partisi (drive) khusus jika transaksi hariannya besar.
aktifkan
[x] Log detailed mail sessions
[x] Log each service into a separate log file
Put log files in this folder: D: \MDaemon\Logs
Lokasi logs file bisa dipindah ke partisi khusus (Drive path) jika nantinya dirasa menghabiskan banyak ruang disk.
Maintenance
Kita perlu mencari transaksi dari logs umumnya adalah untuk transaksi yang sudah pernah terjadi, diketahui masalahnya setelah beberapa jam atau beberapa hari sejak kejadian.
Dengan demikian perlu dipisahkan antara "aktif log" dan "non aktif log".
Maximum log file size 0 KB
Maximum days of AV update log data = 30 days
Setting diatas adalah untuk aktif log, sementara dibawah ini untuk setting non-aktif log
Archive log files older than 30 days
Delete archives older than 360 days
Aktifkan log yang memang diperlukan saja agar ruang disk tidak cepat habis.
Mencari Transaksi dari log
1. Menggunakan menu Queue and Statistics Manager
Dari menu Queues -> Queue and Statistics Manager -> Log Pages
klik "Open Logs", maka akan tampil isian log file 30 hari terakhir
Pilih log file yang akan ditampilkan, akan tampil summary logs hari itu.
summary log bisa diatur tampilannya berdasar urutan (sort of) Type, Host, From, To, Subject dls dengan klik kolom header yang ada di paling atas.
Jika ingin melihat log di hari yang berbeda sekaligus, klik lagi "Open Logs"
Pilih "Yes" agar kedua log days tampil di summary logs.
Dari summary log pilih salah satu yang akan ditampilkan lalu double click mouse sampai muncul detail logsnya.
Detail logs bisa disalin ke clipboard untuk nantinya di paste ke Notepad.
Open notepad di PC (c:\notepad <enter>) lalu paste isi clipboard ke notepad lalu di simpan di local disk dan bisa dilampirkan di email ke support team MDaemon Indonesia
2. Menggunakan Remote Administration (Webadmin).
Remote Administration bisa diakses dari http://ip-address-mdaemon:1000.
Atau kalau sudah diubah bisa periksa portnya dari menu berikut
Login dengan akun yang punya hak (role) sebagai Global Administrator.
Akun Global Administrator umumnya adalah akun yang digunakan pertama kali saat instalasi MDaemon, akan tetapi akun lainpun bisa di set sebagai Global Administrator dari menu Account Manager.
dari panel menu di kiri pilih menu Logs -> Log Files, lalu pilih files yang akan di view/tampilkan.
Tampilan log files bisa diurutkan berdasar tanggal, Nama Files dengan klik header (kolom paling atas).
Setelah file logs dipilih, pilih menu view agar tampil daftar isi log files
Lakukan filter untuk mencari transaksi yang ingin dicari.
hasilnya akan seperti berikut
Double Klik baris yang ingin dilihat detailnya, hasilnya akan seperti berikut
Pilih log text yang akan di salin ke Clipboard dengan Right Mouse Click Menu Copy
Open notepad di PC (c:\notepad <enter>) lalu paste isi clipboard ke notepad lalu di simpan di local disk yang nantinya bisa dilampirkan di email ke Technical Support Team MDaemon Indonesia.