Friday, May 22, 2020

Mencari Transaksi dari MDaemon Logs


Mencari Transaksi MDaemon dari Log.

Blog ini melengkapi dan merupakan ikhtisar dari tanya-jawab di Forum Diskusi MDaemon Indonesia di http://mdaemon-l.dutaint.com.

Posting aslinya:


Penjelasan:

Jika ada masalah teknis MDaemon pengiriman dan penerimaan mail di MDaemon maka kita perlu memeriksa masalah persisnya dari MDaemon log.
Transaksi penerimaan mail alurnya sbb:


dan alur pencatatan di log menjadi sbb:

Internet --> SMTP-In Log -> Routing Log --> UserMailbox -> Client Protocol log (POP3, IMAP, Webmail, Activesync)


Setting Log yang baik

Agar log isinya lengkap maka setting log harus juga lengkap.
Dan karena logs file perlu disimpan lama (beberapa bulan/tahun) maka sebaiknya disediakan partisi (drive) khusus jika transaksi hariannya besar.



aktifkan

[x] Log detailed mail sessions

[x] Log each service into a separate log file


Put log files in this folder: D: \MDaemon\Logs

Lokasi logs file bisa dipindah ke partisi khusus (Drive path) jika nantinya dirasa menghabiskan banyak ruang disk.

Maintenance

Kita perlu mencari transaksi dari logs umumnya adalah untuk transaksi yang sudah pernah terjadi, diketahui masalahnya setelah beberapa jam atau beberapa hari sejak kejadian.
Dengan demikian perlu dipisahkan antara "aktif log" dan "non aktif log".






Maximum log file size 0 KB

Maximum days of AV update log data = 30 days

Setting diatas adalah untuk aktif log, sementara dibawah ini untuk setting non-aktif log

Archive log files older than 30 days
Delete archives older than 360 days

Aktifkan log yang memang diperlukan saja agar ruang disk tidak cepat habis.



Mencari Transaksi dari log

1. Menggunakan menu Queue and Statistics Manager

Dari menu Queues ->  Queue and Statistics Manager -> Log Pages


klik "Open Logs", maka akan tampil isian log file 30 hari terakhir




Pilih log file yang akan ditampilkan, akan tampil summary logs hari itu.



summary log bisa diatur tampilannya berdasar urutan (sort of) Type, Host, From, To, Subject dls dengan klik kolom header yang ada di paling atas.


Jika ingin melihat log di hari yang berbeda sekaligus, klik lagi "Open Logs"



Pilih "Yes" agar kedua log days tampil di summary logs.

Dari summary log pilih salah satu yang akan ditampilkan lalu double click mouse sampai muncul detail logsnya.




Detail logs bisa disalin ke clipboard untuk nantinya di paste ke Notepad.



Open notepad di PC (c:\notepad <enter>) lalu paste isi clipboard ke notepad lalu di simpan di local disk dan bisa dilampirkan di email ke support team MDaemon Indonesia




2. Menggunakan Remote Administration (Webadmin).

Remote Administration bisa diakses dari http://ip-address-mdaemon:1000.
Atau kalau sudah diubah bisa periksa portnya dari menu berikut







Login dengan akun yang punya hak (role) sebagai Global Administrator.
Akun Global Administrator umumnya adalah akun yang digunakan pertama kali saat instalasi MDaemon, akan tetapi akun lainpun bisa di set sebagai Global Administrator dari menu Account Manager.




dari panel menu di kiri pilih menu Logs -> Log Files, lalu pilih files yang akan di view/tampilkan.





Tampilan log files bisa diurutkan berdasar tanggal, Nama Files dengan klik header (kolom paling atas).

Setelah file logs dipilih, pilih menu view agar tampil daftar isi log files




Lakukan filter untuk mencari transaksi yang ingin dicari.



hasilnya akan seperti berikut



Double Klik baris yang ingin dilihat detailnya, hasilnya akan seperti berikut




Pilih log text yang akan di salin ke Clipboard dengan Right Mouse Click Menu Copy




Open notepad di PC (c:\notepad <enter>) lalu paste isi clipboard ke notepad lalu di simpan di local disk yang nantinya bisa dilampirkan di email ke Technical Support Team MDaemon Indonesia.
















Akses MDaemon dari client

Akses MDaemon internet mail server dari Client Artikel ini disarikan dari posting di Milis Komunitas MDaemon Indonesia   https://www.mai...